Rabu, 03 Agustus 2016

Rincian Biaya & Tips Backpacker ke Flores

Udah lama gak posting, kali ini baru sempat share biaya perjalanan Backpacker ke Flores akhir tahun 2014 Start dari Jakarta melalui jalur darat dan laut, mungkin kalau tahun sekarang (2016) gak jauh-jauh beda namun beberapa ada yang mungkin lebih mahal/naik   .

  1. Kereta Eko Jakarta-Surabaya 55.000 (Masih Subsidi)
  2. Gubeng (Stasiun) - Pelabuhan Tj Perak via Damri 6.000
  3. Tiket Kapal Laut Pelni Tanjung Perak - Makassar - Maumere  430.000
  4. Hotel Maumere Sinar Kabor 120.000/2
  5. Travel ke Moni/Kelimutu 80.000
  6. Hotel/Homestay di Desa Moni 130.000/2
  7. Sewa Motor di Moni/Kelimutu 150.000/2
  8. Desa adat Wologai 50.000/2 (Seikhlasnya )
  9. Tiket masuk Kawasan Danau Kelimutu 5.000 /orang/motor = 10.000
  10. Travel Moni ke Kota Ende 30.000
  11. Hotel di  Ende 100.000/2
  12. Sewa Motor di Ende 80.000/2
  13. Travel Ende ke Labuan Bajo 230.000
  14. Homestay L.Bajo 35000 x 3 Days = 105.000 /2
  15. Sewa motor di L.Bajo 40.000
  16. Retiribusi Goa Ceriman 20.000
  17. Dayliy Trip Komodo-Pink Beach-Kenawa Island-Bidadari Island 500.000 /org (Belum Termasuk Tiket masuk TN Pulau Komodo dan Pemandu saat Tracking.
  18. Biaya Ferry Bajo - Sape 60.000
  19. Bus Sape - Mataram 240.000  ( Next Lombok)
  20. Explore Retribusi Pantai di Lombok Tengah 50.000
  21. Mataram Aikmel Elf 20.000
  22. Aikmel - Pos Pendakian Sembalun 30.000
  23. Tiket masuk Rinjani 15.000
  24. Ojek ke Jalan tempat Elf Bayan 25.000
  25. Elf Bayan-Mataram 35.000
  26. Mataram ke Pelabuha Gilimanuk 100.000 (Truckpacker)
  27. Gilimanuk - Surabaya/Mojokerto 50.000 (KontainerPacker) 
/2=Di bagi 2 orang
Total : 20 days
Jakarta - Surabaya -Makassar - Maumere - Ende - Labuan Bajo -Komodo
island- Lombok - Surabaya  Jumlah Total = Rp. 2.761.000 ( Untuk /2 belum di bagi 2 orang)

Keterangan:
Biaya di atas belum termasuk biaya untuk Makan, Oleh-oleh, Tips, Jajan di perjalanan, Dll


Sedikit tips backpacker menuju Flores dan sekitarnya, supaya perjalanan lebih terarah walau tidak dikejar waktu dan punya banyak dana sekalipun percuma, karena tanpa tujuan & estimasi sebuah perjalanan tidak ada artinnya, berikut tips yang alakadarnya karena kesempernaan cuma milik tuhan.

1. Informasi. 
     Pertama adalah informasi, dari informasi kita bisa mengetahui apa yang kita tuju. di era teknologi yang sekarang ini pasti banyak yang kita dapatkan  untuk mengetahui informasi tempat yang kita tuju, kita bisa mencari dari mulai biaya, transposrtasi, budaya, biaya, tempat wisata terdekat dll. Misal kita berencana melakukan perjalanan ke Flores maka kita harus menggali banyak informasi secara detail dan lengkap sebagai acuan perencanaan  selama  perjalanan.
2. Estimasi Waktu Perjalanan.                                                                                                                  Jangan cuma mementingkan jumlah berapa hari tapi lebih dari itu,apalagi  jika perjalanan kita jauh dan memakan cukup banyak waktu seperti perjalanan darat dan laut menuju Flores. Untuk lebih baiknya kita bisa mencatat estimasi waktu secara detail baik Perjam sampai Perhari ( Di hari ini dimana? Di jam segini Dimana?) , karena jika kita tidak sempat membuat estimasi waktu kemungkinan banyak waktu terbuang sia-sia apalagi kalau kita sudah punya status sebagai pekerja rencana pengen ke suatu tempat bisa saja gagal karena waktu yang tidak memungkinkan karena kesalahan tidak membuat estimasi secara detail .Walaupun menikmati setiap detik sebuah perjalanan itu yang utama, namun perjalanan tanpa perencanaan waktu sama seperti hidup yang tanpa rencana .                               
   Selanjutnya adalah memilih waktu perjalanan yang tepat, seperti memilih waktu perjalanan di waktu musim panas sangatlah menyenangkan berbeda saat masih musim penghujan dengan cuaca yang agak galau gelap gulita itu sangat membosankan. Jika kita pergi ke Flores yang saya ketahui waktu bagus antara bulan Agustus s/d Desember namun jika kita bicara cuaca harus konsultasi ke BKMG yah :), saya saat melakukan perjalanan ke flores Maumere-Labuan Bajo pada akhir november - awal desember kebetulan saat itu sedang Low Season dengan suasana tempat wisata yang tidak terlalu ramai dan cuaca sedang bersahabat walau diperjalanan terkadang hujan namun sebentar, dan informasi baiknya di Nusa Tenggara Timur curah hujan tidak segede Bogor kok.

3. Estimasi Biaya Perjalanan.
      "Sebenarnya manusia punya rencana tapi, saldo juga yang menentukan".  Yah setelah membahas masalah waktu selanjutnya hal terpenting saat melakukan perjalanan adalah biaya aka dana aka uang aka ongkos aka duit aka banyak dah sebutanya. Saat kita merancang estimasi biaya  lebih baiknya juga melihat rancangan estimasi waktu  yang kita punya karena sangat berpengaruh untuk menentukan budget, misal hari pertama di Jakarta menuju Lombok biaya sekian, hari  ke dua lombok  ke sumbawa sekian, di sumbawa menginap sekian, dan seterusnya. Tapi yang paling utama menurut saya yang harus di Estimasikan  adalah  Biaya Transport, Biaya Menginap, Biaya Makan, dan untuk mendapatkan perkiraanya yang paling akurat adalah dengan cara nomer satu "Informasi", namun alangkah baiknya estimasi biaya perjalanan lebih mendetail sampai ke tiket masuk wisata, tips, oleh-oleh, dan jangan lupa untuk membawa lebih sedikit dari estimasi biaya yang sudah dibuat, untuk menambahkan jikalau ada biaya tak terduga yang bisa menggagetkan kita suatu saat.

    Saat saya melakukan rencana perjanana ke Flores dan sekitarnya, saya sudah membuat estimasi biaya yang cukup fix, namun saat itu sekurang 2-3 hari sebelum berangkat pemerintahan yang baru saat itu menaikan harga BBM dan otomatis bakal membuat estimasi saya kacau balau karena bakal ada kenaikan sana-sini. Dengan bermodalkan 3,5 jta - 4 jta hasil susah payah menabung dan modal nekat saya yakinkan untuk berangkat memulai perjalanan. Dan benar sekali dengan kenaikan harga BBM membuat rencana perjalanan saya Flores-Lombok yang  sudah di rancanakan banyak yang harus di batalkan untuk menekan biaya supaya berhasil sampai tujuan perjalanan yaitu rumah. Mungkin banyak yang terlewatkan gara-gara permasalahan dana ini mulai dari gagal ke Rumah Adat Wae Rebo, Tambora, yang masuk list, namun sudah cukup sangat bahagia bisa melihat, mengenal, menikmati alam Indonesia di Pulau Buga yang menakjubkan.

     Biaya makan selama perjalanan juga cukup murah dan tidak terlalu sering menahan lapar hehehe, namun kalau masalah selera makan dan tempatnya  bisa berbeda satu sama lain, waktu di Flores saya mungkin belum pernah sekali makan sampai 50.000 ke atas karena menyesuaikan dengan budget  dan masih banyak juga tempat makan dengan biaya masih standar nasional anak kostan. Biaya transport ke Flores juga bisa kita atur via udara, laut ,dan darat pilih saja dengan pertimbangan estimasi waktu dan estimasi biaya yang kita rancang sebelumnya dan jangan lupa mencari informasi terkini yang terpercaya karena biaya transport sangat vital dalam sebuah perjalanan. Dan tak ketinggalan biaya saat Low Season lumayan sedikit murah di bandingkan saat High Season bisa mengehemat biaya untuk transportasi dan lainya.

4. Transportasi
      Untuk transportasi di negeri ini mungkin sudah cukup banyak baik darat, laut, udara, namun memilih transportasi dalam melakukan perjalanan tetap harus ada pertimbangan diatas (Tips 1-3). Untuk ke daerah Flores sendiri bisa menggunakan jalur laut, darat, dan udara. Namun disini saya akan berbicara transport ke Flores dari Jakarta.

Udara, Untuk via udara terdapat penerbangan bisa langsung menuju bandara-bandara di sekitar flores namun kebanyakan akan transit dahulu, untuk tujuan bisa kita lihat dahulu mau menuju ke mana jika ingin ke Pulau komodo dahulu dan sekitarnya bisa turun di bandara Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat dan jika ingin melanjutkan perjalanan ke Ende/Maumere  bisa dengan darat yang cukup lumayan juga waktu tempuhnya, jika berniat pulang dari Ende/Maumere juga bisa atau sabaliknya Turun di Ende pulang via Labuan Bajo.

Darat & Laut, Untuk menuju Flores menggunakan jalur darat pasti akan menggunakan jalur laut pula, baik darat maupun laut pasti membutuhkan waktu lama namun bisa sangat menghemat biaya transportasi. Ketika melakukan perjalanan menggunakan darat dan laut, sebisa mungkin kita sudah memesan tiket jauh sebelum hari H, karena dengan kita memesan jauh-jauh hari meminimalisir untuk tidak mendapatkan tiket yang bisa di dapatkan secara memesan seperti tiket kereta, bus, kapal laut, kendaraan travell, dan lainya.

Saat saya melakukan perjalanan darat dan laut dari Jakarta, pertama saya sebelum berangkat sudah memesan tiket kereta menuju surabaya dan memesan tiket kapal pelni Surabaya-Makassar-Maumere, untuk kapal laut ke Flores bisa juga memilih kapal via Bali/Benoa-Bima sampai Ende. Untuk ketersediaan dan jadwal bisa di cek di www.pelni.co.id untuk pembelian tiket bisa ke agen-agen terdekat di kota anda, dan jangan lupa cari yang termurah karena setiap agen terkadang berbeda satu sama lainya. Untuk perjalanan di kapal pelni jangan lupa siapkan segalanya dari minum, makanan, rokok (bagi yang merokok) , cemilan, dan lainya kalau bisa beli agak banyak karena harga di kapal lumayan dan juga menu makanan yang ala kadarnya bisa jadi kalau bosan bisa buat mie atau lainya. Dan untuk barang lebih baik simpan di tempat aman supaya tidak hilang, kalau bisa cari di tempat di deck yang ramai dan mulai berinteraksi dengan tetangga (bisa nitip saat ingin keluar atau sebagainya), namun tetap waspada barang berharga tetap disimpan di tas kecil/travel pouch yang bisa dibawa kemana-mana, memang banyak kejadian saat saya di kapal mulai dari kehilangan tas, uang, laptop, dan lainya.

Untuk perjalanan di darat saat di flores saya kebanyakan menggunakan mobil Travel Maumere-Moni, Moni-Ende Ende-L.Bajo dengan harga bervariasi tergantung jauh dekatnya juga, dan lebih baiknya juga tanya-tanya harga dulu sebelum berangkat untuk memastikan dan bisa dijemput juga.

Sekian Post saya yang baru selesai karena kesibukan dan lain-lainya. jika ada yang di tanyakan email saja ke reky1933@gmail.com





 

7 komentar:

  1. Asyik baca ceritanya....btw travel Maumere ke Moni boleh share no. telp nya? Terima kasih....salam Rosdiana

    BalasHapus
  2. ini ada planning ke labuan bajo bulan desember tanggal belum ditentuin dengan low budget (jalur darat dan laut). Lagi nyari temen 8 anak buat bareng bareng keliling pulau disana. Yang minat bisa chat di WA (083857047278)
    Ada juga sailing komodo tanggal 17-19 sep. Yang minat bisa chat id line @seftianfajar

    BalasHapus
  3. butuh waktu berapa lama perjalanan dari jakarta - labuan bajo via darat & laut?

    BalasHapus
  4. Boleh infoin alamat homestay nya gak? Sama tempat sewa motor

    BalasHapus
  5. Bole minta info itinary,homestay dan sewa motor kah ?

    BalasHapus