Minggu, 07 Juni 2015

Backpacker Flores Kelimutu to Komodo Island (Labuan Bajo Catper Part 3)


29/11/2014 Sekitar pukul 19.00 saya dan Een sampai juga di Labuan Bajo, dengan perjalanan cukup panjang dan melelahkan dari Ende. Setelah sampai saya turun di jalan depan pelabuhan Penyebrangan Ferry Labuan Bajo dan menayakan homestay untuk tempat menginap, di sekitar sepanjang jalan pelabuhan juga terdapat banyak hotel dan agent travell dan diving dengan harga yang bervariasi. Setelah saya tanya sani sini akhirnya saya dan Een masuk ke gang menemukan Homestay 21, dengan ramah saya disambut dengan mbak anak pak haji pemilik homestay, setelah memilih kamar dengan harga yang murah Rp.35000 per malem/perorang saya dan Een sempat keluar untuk menuju pasar dekat pelabuhan untuk mencari info menuju pulau Komodo menggunakan kapal bersama para penduduk pulau komodo yang pulau berbelanja dari pasar, karena dengan begitu bisa menghemat biaya dengan melihat keadaan keuangan yang sudah tidak memungkinkan untuk sewa kapal yang cukup mahal. Setelah mencari info, saya semakin bersemangat melihat indahnya labuan bajo pagi atau siang hari, karena diwaktu malam saja sangat indah melihatnya.
Labuan Bajo
 30/11/2014 Pagi hari saya bangun agak siang karena mungkin lelah juga, hanya Een yang bangun agak pagi  dan sempat berjalan-jalan menikmati pagi di Labuan bajo dan mencari info kembali untuk menuju Pulau Komodo dan sewa motor. Setelah sarapan saya dan Een mulai menuju Goa Batu Cermin menggunakan motor sewaan. Dari homestay menuju Goa Batu Cermin jaraknya tidak terlalu jauh sekitar 10-20 menit sudah sampai,setelah sampai lapor ke pos dan membayar retribusi dan biaya guide kita akan mendapatkan senter dan helm untuk meneju ke dalam goa, cerita sejarah goa batu cermin sendiri dulunya merupakan tempat  bawah laut yang bisa di buktikan dengan adanya jejak makhluk bawah laut, goa batu cermin sendiri bukan goa didalamnya terdapat batu seperti cermin, lebih tepatnya ketika siang hari tepat atau jam 12.00 cahaya matahari masuk ke dalam goa dan sinar cahaya  matahari tersebut yang mengenai air di lantai goa pada waktu musim hujan memantulkan cahaya ke batu atau dinding goa dengan kilauan seperti cermin yang akan sangat indah untuk dilihat. Di goa batu cermin saya dan Een ketemu Mbak Irma dan Mbak Irni  dari jakarta dan menayakan perjalanan menuju pulau komodo, dan akhirnya kita sepakat untuk bersama menuju pulau komodo, setelah menunggu bagasi  kepunyaan mbak Irni yang tertinggal entah dimana.
Ruangan Dalam Goa Batu Cermin

Setelah dari goa batu cermin, saya dan Een meneruskan perjalanan explore pantai disekitar Labuan bajo, dengan terik matahari yang panas kita menuju ke dataran tinggi dari jalan pelabuhan bisa putar arah menyusuri jalan satu arah dan dari pertigaan kebawah menuju pelabuhan kembali, saya memilih jalan yang keatas, disana saya den Een hanya berputar-putar  mencari jalan dan spot yang bagus, dan tidak sengaja menemukan jalan kelokan yang terdapat plang restoran dan resort private, lalu saya dan Een menelusuri jalan tersebut di tengah matahari yang terik dan jalan yang kelama-lamaan tidak di aspal  dengan kondisi jalan tanah yang naik turun dan cukup berat, tetapi saya tetap memacu motor sampai ujung jalan, dan memakirkan motor untuk menikmati keindahan labuan bajo yang ekssotis sekali. Setelah puas menikmati pantai disekitar tempat tersebut saya kembali menuju pelabuhan labuan bajo yang biasanya digunakan untuk menuju pulau komodo, di dekat gerbangnya saya makan & bertanya tentang harga menyewa kapal menuju pulau komodo dan pulau sekitarnya dan juga bertemu kembali dengan mbak Irma & mbak Irni, setalah dengan pertimbagan sana sini akhrinya deal dengan supir yang membawa mobil sewa mbak Irma & Irni. Setelah itu kita janjian sore hari di pantai pede.

Sore hari dipantai pede cukup ramai pengunjung karena hari libur juga, dan terdapat lapangan sepak bola yang sedang digunakan bermain oleh warga sekitar, sore hari dipantai pede  pantainya sedikit kotor namun sangat bagus untuk menikmati matahari tenggelam walau saat itu agak mendung dan sempat gerimis namun tetap indah dengan cahaya kuning keemasan yang bisa mendamaikan mata. Setelah menikmati sunset haripun sudah gelap akhirnya kita menuju homestay kembali untuk beristirahat untuk menyiapkan diri untuk perjalanan esok hari. Ketikan Een mengembalikan motor sewaan dia ditawari menuju ke pulau komodo dengan tarif yang cukup murah daripada  yang sudah deal sebelumnya, akhirnya dengan pertimbangan yang matang akhirnya memilih  yang kedua dengan kosekuensi yang ada. Setelah memberikan dp dan memesan ukuran sepatu untuk snorkling kita juga sempat makan malam sebelum beristirahat.
Sore Hari Di Pantai Pede

01/12/2014 Pagi hari saya , Een, Mbak Irma, Mbak Irni sudah bangun dan siap-siap menuju pelabuhan yang tidak jauh dari homestay dengan berjalan kaki, setelah sampai saya disambut dengan pemilik kapal dan dipersilakan menaiki dengan diantar 2 abk yang, perjalanan dari labuan bajo menuju pulau komodo rata-rata di tempu waktu sekitar kurang lebih 2 jam, di perjalanan kami sempatkan juga untuk tidur kembali karena mata juga masih belum bisa diajak melek sempurna...:). Perjalanan pertama adalah menuju pulau komodo atau Loh Liang, setelah sampai kita langsung disambut komodo ukuran sedang yang mengarahkan (bisa jadi) kita  menuju pos pendaftaran untuk membayar retribusi dan guide ranger taman nasional pulau komodo. Setelah mendaftar kita mendafat pengarahan dari rangers yaitu Bapak Latif, dengan antusias bapak latif menerangkan track yang ada seperti short track, medium track, long tranck, dan yang terakhir Adventure Track, dengan berat hati sebenarnya kita memilih short track dengan jarak 1KM dan waktu sekitar 30 menit karena cocok dengan kita yang sedang mengejar waktu. Dalam perjalanan banyak sekali spesies selain komodo seperti kijang, rusa, babi, dan burung juga, namun sayang sampai di tempat finish belum menumukan penampakan sang The Dragon Komodo, sampai di tempat finish dengan kondisi hujan pula. Namun jangan khawatir biasanya terdapat komodo di sekitar tempat finish dan kita bisa melihatnya dan berfoto secara dekat namun tetap hati-hati dan ikuti arahan rangers karena terlalu bahaya jika terlalu dekat, karena sebenarnya komodo adalah kanibal menurut yang diceritakan ranger di perjalanan di short track tadi.
Komodo Penyambutan :)
Makanan
Track Loh Liang
Sarang
The Dragon Komodo
Me Een Pak Latif
Oleh-Oleh

Setelah puas melihat komodo akhirnya kita melanjutkan perjalanan, dan tidak lupa melihat dan membeli souvenir khas pulau komodo di sekitar pulau yang sudah disediakan lapaknya. Perjalanan selanjutnya yaitu menuju belahan lain pulau komodo, yaitu pantai merah atau pink beach yang sangat indah dan menawan, tidak lama dari dermaga pulau komodo akhirnya sampai di Pink Beach yang tidak cukup ramai malah dibilang tidak ada satu orangpun, karena ketika kita datang ada rombongan turis dari china sepertinya yang meninggalkan pink beach, maklum karena pada saat itu bukan musim liburan. Dan tak lama kita langsung menyeburkan diri untuk snorkling dan menuju pantai, karena kapal-kapal tidak diperbolehkan bersandar dan menurunkan jangkar untuk menjaga keindahan bawah lautnya. 
Pantai Merah/Pink Beach
Setelah puas di pink beach selanjutnya adalah menuju Pulau Kanawa, sebenarnya merupakan pulau-pulau kecil di labuan bajo yang terdapat resort didalamnya, dengan pasir yang putih dan keindaha bawah laut sangat memanjakan mata, sebenarnya jika kita ingin lebih puas menikmati pulau kanwa harus menginap di resort yang telah disedikan yang pemiliknya orang itali, setelah puas berfoto dan menikmati keindahan pulau kanawa dengan hari yang mulai beranjak sore kita meneruskan perjalanan terakhir menuju pulau bidadari. Pulau bidadari sendiri sama seperti pulau kanawa terdapat penginapan atau resort  namun jaraknya lebih dekat dengan labuan bajo, jadi wisatawan biasa tidak mempunyai akses lebih untuk exploler segala sisi pulau.
Kanawa Island

at Bidadari Island
Ketika hari mulai gelap sekitar pukul 18.00 kita sampai kembali di pelabuhan Labuan Bajo, dan tidak terasa sudah seharian berpetualang di Pulau komodo, walau begitu singkat dan masih banyak destinasi lain yang belum disinggahi, namun kita bahagia bisa menikamati surga-surga kecil di negeri ini yang tidak ada tandingan soal keindahan alam yang disungguhkan, inilah Indonesia tanah airku. Dan tak terasa hampir seminggu di pulau bunga Flores, ini merupakan seminggu paling indah di hidup ini dengan keindahan alam, kermahan masyarakat khas indonesia, adat dengan kearifan lokal yang dipertahankan, hal baru, pelajaran baru, cerita baru yang tak bisa ditulis dengan apapun. 
#SeeUAgain
Dan perjalan kali ini saya berterimaksih kepada :
Allah SWT yang selalu memberikan lindungan dan berkahnya
Kedua orang tuaku dan my family yang selalu ada, walupun anaknya masih belajar untuk ada.
Sama Bro Een teman kawan sahabat perjalanan kali ini
Mbak Irma dan Mbak Irni yang telah bersama mecoba melihat keindahan Indonesia :)
Buat orang yang spesial dan tersayang :)  yang selalu mengkhawatirkanku dimanapun berada
Teman - teman No Name Kuliah Rumah Sekolah
Untuk bang rizky bang daniel di maumere, richard dimoni, pemilik penginapan di maumere, moni, ende, labuan bajo, bapak latief di pulau komodo, bapak-bapak supir yang mengantar kami, pemilik kapal dan travel di labuan bajo,  Mas-mas gak tau arah di SBY, dan semua yang tidak bisa disebut satu-satu yang bisa membantu dalam perjalanan ini 

"Cerita tak usai saat kau pergi kembali... kau bawa kenangan manis yang akan melekat sepanjang masa... Sehangat senyuman Nusantara...."

Next Lombok Aku Kembali...
Untuk Rincian Biaya Perjalanan klik disini aja..

31 komentar:

  1. bro boleh minta list harga selama ngetrip gak ?

    BalasHapus
  2. bro..boleh minta contact person untuk sewa motor dan boatnya ga?...makasih yah

    BalasHapus
  3. bro..boleh minta contact person untuk sewa motor dan boatnya ga?...makasih yah

    BalasHapus
  4. berapa mas ongkos ke pulau komodonya?:

    BalasHapus
  5. Mas boleh tau budgetnya berapa? Trmksh;)

    BalasHapus
  6. Mas boleh tau budgetnya berapa? Trmksh;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jakarta-Flores-Lombok Akomodasi Transport Penginapan di luar makan 2,5 jta mas...

      Hapus
    2. Mas mau buget dan rute per poin boleh? Mau banget ke ende..kalo boleh mau donk itenry perjalanan mas dikirim ke dreinjani@gmail.com makasih bgt

      Hapus
    3. Mas mau buget dan rute per poin boleh? Mau banget ke ende..kalo boleh mau donk itenry perjalanan mas dikirim ke dreinjani@gmail.com makasih bgt

      Hapus
  7. pokoe keren banget!!!! pengen ke Flores lum kesampaian, kasih tau budgetx berapa ya mas , boleh di email dunk price list nya . makasih :)

    BalasHapus
  8. boleh aja...emailnya apa...nanti saya krim mba...

    BalasHapus
  9. Mas boleh info list harga selama trip ? Terima kasih
    email Zaki.palaten@gmail.com

    BalasHapus
  10. Mas Boleh Minta info List Harga Selama trip ??
    Terima kasih ... Email ya : putraderry10@gmail.com

    BalasHapus
  11. Hallo mas reky. Mas reky, boleh minta tolong kirimin budget nya ngga? Rencana mau ke ende juga april ini:) Ke sdebbyazzahra@gmail.com
    Thankyouu yaa

    BalasHapus
  12. Mas boleh share budget selama trip?
    Minta tolong kirim email say8055@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  13. Mas boleh share budget selama trip?
    Minta tolong kirim email say8055@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  14. Mas boleh share budget selama trip & boleh minta contact person untuk sewa motor dan boatnya ga?
    Minta tolong kirim email rintomp@yahoo.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  15. halo mas reky, boleh minta pricelist jkt-flores-lomboknya ?
    klo boleh tolong email zaenab.rezky@gmail.com ya
    terima kasih

    BalasHapus
  16. mas, boleh minta data biaya selama di sana ? dan nomor kontak penginapannya?
    kalau boleh, bisa email saya di edwardbalandua@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  17. mas, boleh minta data biaya selama di sana ? dan nomor kontak penginapannya?
    kalau boleh, bisa email saya di edwardbalandua@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  18. Halo mas.
    Bisa boleh minta biaya selama perjalan an. Sama kendaran yg melayani rute + penginapan nya. Bisa bagi di email saya sukran91094@gmail.com Makasih sblm nya
    Oh ia ngomong2 mas teman nya een. Yg ke makasar/raung ya?

    BalasHapus
  19. Halo mas.
    Bisa boleh minta biaya selama perjalan an. Sama kendaran yg melayani rute + penginapan nya. Bisa bagi di email saya sukran91094@gmail.com Makasih sblm nya
    Oh ia ngomong2 mas teman nya een. Yg ke makasar/raung ya?

    BalasHapus
  20. Boleh minta contact person salam list biaya perjalanan nya mas? nicko.andra@gmail.com

    BalasHapus
  21. Boleh minta contact person sama list biaya perjalanannya mas ? Tolong kirim ke putrigusliani@gmail.com

    Thanks

    BalasHapus
  22. Boleh minta contact person sama list biaya perjalanannya mas ? Tolong kirim ke putrigusliani@gmail.com

    Thanks

    BalasHapus
  23. mau juga dong list biaya perjalanan kesana
    deni87can@gmail.com
    tq

    BalasHapus
  24. bagi dong list biaya selama ngetrip,, hendra.ehen04@gmail.com

    BalasHapus
  25. Boleh minta contact person sewa boatnya ga? zakisyah@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan...nomernya hilang ada di contact hp yg hilang belum sempet di backup...lokasi sewa boatny sekitar agen tour di sekitar jalan pelabuhan L.Bajo...gak terlalu jauh...

      Hapus