Rabu, 18 Desember 2013

Antara Aku dan Slank tentang Cita Cinta Perdamaian Solidaritas Alam Sosial Politik dan Bangsa Ini


Slank "gak ada matinya" itulah slogan koser ultah 3 Dekade Slank band  yang dibentuk sejak tahun 1983 ini, artinya 30 tahun slank berkarya di ranah musik tanah air. Band satu ini memang luar biasa bagi gw, entah kenapa beda aja dengan band-band yang lain di Indonesia, Slank bagi gw bukan sekedar band saja tapi sudah menjadi jati diri buat gw, tentunya lewat lagu-lagu yang dinyanyikan yang kadang bagi gw juga bukan sekedar lagu. Banyak hal yang gw bisa pelajari dari lagu-lagu slank, mungkin masyarakat di negri ini masih terlalu mainstream dengan lagu-lagu cinta yang dibawakan oleh kebanyakan seniman musik di Indonesia, tapi jika bicara lagu Slank gak selalu bicara soal cinta dalam lagunya, banyak tema-tema selain cinta yang bisa menjadi pelajaran tersendiri.

Slankers bagi gw merupakan nyawa Slank, karena siapa yang gak tahu ? Slankers merupakan penggermar paling fanatik yang ada di negri ini, dengan jumlah jutaan orang baik di dalam maupun di luar negri. Slankers bagi gw punya sisi kelam dan baiknya juga, tapi bagi gw terlalu banyak sisi baiknya mungkin karena gw turun langsung merasakan banyak hal yang telah gw lalui bersama para slankers seluruh indonesia, dan sisi kelamnya karena hanya karena oknum slankers yang berulah membuat terkadang banyak orang menilai terlalu banyak yang buruknya, mungkin media yang membuat imaje slankers menjadi kurang baik, karena mereka lebih mengekspos berita-berita yang buruknya saja ke masyarakat, mereka gak bakal tau atau gak bakal mau tau sisi positif dari slankers.

Balik lagi kenapa gw bisa suka banget sama Slank?
Karena yang tadi gw jelasin di atas, secara Slank grup musik berarti gw suka karena karya-karyanya. Mungkin Slank merupakan salah satu band yang mempunyai lagu dengan tema beragam bukan hanya cinta melulu, banyak tema lagu yang gw suka selain dari cinta yang udah mainstream banget, salah satunya adalah :

Politik
Ngomongin politik bagi gw barang yang kotor, jadi wajarlah kalo harus ada kritik-kritik buat para politikus di negri ini, sudah bukan hal umum lagi kebobrokan para petinggi negri ini, yang paling parah korupsi. Kalo ngomongin politik di Indonesia gak jauh dengan uang, uang, dan uang. Dan gara-gara lagu Slank Indonesia pernah heboh dengan ingin digugatnya Slank oleh DPR karena menyindir lewat lagu Gosip Jalanan, tapi dengan dukungan masyarakat yang memang saat itu korupsi sudah merajalela, urung di laporkan, Slank sendiri ikut aktif dalam kampanye dan mendukung pemberantasan korupsi dan menjadi duta anti korupsi KPK. Sebenarnya masih banyak lagu yang bernuasa politik seperti para koruptor, Kritis BBM, dan masih banyak yang lainya.

Perdamaian
Damai = Peace = Piss inilah salah satu misi Slank menyebarkan virus perdamaian ke dunia yang selalu di dengungkan hingga sekarang, mulai sejak dulu Slank mengajak damai dari sejak album ke tiga yang di beri judul Piss!. Dan slogan di album PLUR (Peace Love Unity Respect)  yang membuat gw semakin tahu indahnya damai itu.Dan yang terpenting kedepanya indonesia bisa menjadi negara yang damai dan tentram, tidak ada gejolak kekerasan atau anarkis yang mengatasnamakan apapun.

Alam
Indonesia dan alamnya yang indah, begitulah negri ini dengan pemandangan alam yang luar biasa cantik, yang menurut gw tak bisa di banyangkan dan di gambarkan dengan lagu apapun, tapi dengan lagu slank yang berjudul Alami sanggup membawa gw melihat indahnya alam negri ini, dan membuat gw  mempunyai keinginan keliling Indonesia untuk melihat alamnya yang indah dan cantik ini. Yah menurut gw Slank sangat peduli lingkungan dan alam negri ini banyak sekali lagu bertema alam negri ini yang sudah mulai rusak oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab manusia sendiri, lembah baliem salah satu lagu yang membuat kita bakal  mengrti bagaimana kita harus menjaga hutan dan alam negri ini. 

Solidaritas
Selanjutnya tentang solidaritas, gw inget waktu ada bencana tsunami di aceh yang dahsyat, negri indonesia sangat berduka saat itu  dengan korban yang banyak dan kerusakan yang parah, slank akhirnya membuat lagu di album Slankissme yang berjudul Solidaritas, lagu itu menurut gw kena banget buat siapa yang dengerin, jadi intinya Slank mengajak untuk saling menolong gak beda-bedain apapun, dan jangan sampe menolong siapapun jika ada bencana besar, kalo bisa setiap hari, kenapa enggak ?. Bicara solidaritas kembali ke komunitas penggemarnya yaitu Slankers, disini gw merasa kalo kemana-mana bareng gw lihat solidaritas itu, dan mudah-mudahan saja solidaritas slankers akan terus terjaga untuk negri ini, dengan bukti seringnya slankers-slankers daerah melakukan baksos atau kegiatan sosial lainya.

Cukup segitu gw ngebahas tentang Slank dan hidup gw, semoga di ulang tahun ke 30 nanti tepatnya tanggal 26 Desember Slank tetap eksis di belantika musik indonesia, dan selalu berkarya demi kemajuan negara dan bangsa Indonesia. Dan untuk Slankers tetap solid dan tetap menjadi fans yang cerdas dan bisa menjadi generasi biru yang membuat perubahan ke yang lebih baik, selalu PLUR dan berpekang teguh pada Manifesto SLank  13 ajaran tidak sempurna Slankissme yang mana ajaran ini walau tak sempurna namun luar biasa jika di aplikasikan oleh para slankers di kehidupan sehari-hari, karena kesempurnaan hanya milik tuhan.

13 Ajaran Tidak Sempurna :
1.Kita Harus Kritis
2.Berjiwa Sosial
3.Penuh Solidaritas
4.Saling Setia
5.Slalu Merdeka
6.Hidup Sederhana
7.Mencintai Alam
8.Manusiawi
9.Berani Utk Beda
10.Mnjunjung Persahabatan
11.Punya Angan yg Tinggi
12.Menjadi Diri Sendiri
13.Membuka Otak & Hati Kita





Tidak ada komentar:

Posting Komentar